CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 02 Maret 2010

BUNyi BEEP pd MOTHerboard


Bila PC Anda tidak lagi bereaksi setelah dihidupkan selain mengeluarkan bunyi beep—ia sebenarnya ingin menunjukkan pesan kesalahan. Bagaimana menginterpretasikan sinyal-sinyal terpenting dari BIOS tersebut??? Kita kelompokkan bunyi beep tadi berdasarkan tipe bios yang dipakainya:
AMI-BIOS1x: RAM rusak atau tidak terpasang dengan tepat.6x: Kesalahan Gate A20 – biasanya menunjukkan keyboard yang rusak.8x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan tepat dalam slot.11x: Checksum-Error. Periksalah baterai pada motherboard.
Award-BIOS1x panjang: Kesalahan RAM, modul tidak duduk dengan tepat.1x panjang, 2x pendek: Graphic card cacat atau rusak.1x panjang, 3x pendek: Keyboard rusak atau tidak terpasang (mulai versi 4.5 signal ini menunjukkan kesalahan graphic card).Tak terputus: RAM atau graphic card tidak ditemukan.
Phoenix-BIOS1x-1x-4x: BIOS rusak.1x-2x-1x: Motherboard rusak.1x-3x-1x: Masalah RAM, modul tidak terpasang dengan baik.3x-1x-1x: Motherboard rusak.3x-3x-4x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan baik.
Jadi, kalo lain kali komputer kamu mengeluarkan bunyi beep, tinggal cocokkan bios, dan pasti ketahuan bagian mana yang bermasalah.

0 komentar: